Brace for Flight Training!

Yihaaaa! Enggak kerasa ground training selama 2 bulan akhirnya terlewatkan sudah! Seragam sekolah yang itam-putih sekarang berubah jadi seragam terbang tosca/oranye walaupun masih dengan name plate trainee nge-booking tempat buat wing name plate. Udah nggak bawa-bawa tas jinjing yang hampir sobek karena selalu bawa manual 2 kilo, sekarang bawanya handbag dan koper walaupun isinya tetap aja manual lagi manual lagi. Fase flight training akhirnya datang!

Sebenarnya flight training (FT) aku udah mulai weekend lalu, tanggal 22 Maret aku udah ngejalanin FT1 sebanyak 8 landing. Pengalamannya gimana? Seru banget sampe kebangetan! Belajar serving beneran dengan passenger beneran sama sekali berbeda sama yang dipelajari di ground training. Ngga bisa lagi cengar-cengir dan santai-santai, semua harus serba cepat! Sempat blah-bloh banget sampe dimarahin purser, untungnya mbak dan mas active crew-nya baik banget dan mau ngajarin dengan sabar, sampe aku udah bisa lumayan cepat prepare di galley dan serving walau masih jauh kalah cepat sama mbak dan masnya.

Aku juga bersyukur banget dapet flight berbagai jenis mulai dari CGK-MDC yang nyantai karena 3 jam, sampe CGK-TKG yang cuma 35 menit! Untung PAX-nya udah pada pengertian begitu liat aku adalah “mbak-mbak trainee”. Waktu aku gemeter dan salah-salah saat briefing overwing exit, PAX cuma komentar “Gemeter ya mbak? Semangat ya.” dan bikin lonjakan semangat sebanyak 2500 poin! Sesi tanya-jawab sama purser pun berjalan cukup lancar walau kadang ngejawab pertanyaannya rada ngaco sampe diledekin purser. Hahahaha! Dan akhirnya setelah 3 hari dan 8 sector, aku dan temenku dinyatakun lulus! Hore!

Setelah landing terakhir dan tiba di Garuda Sentra Operasi (GSO), aku sempetin ngecek jadwal untuk FT2 dan surpise! Sudah ada jadwal untuk tanggal 30-31 Maret nanti! Langsung excited sekaligus deg-degan karena di FT2 nanti yang dicek adalah aspek safety dan pengetahuan kami tentang aviation safety. Belajar terus!

Nanti kalau aku lulus FT2 (aaaamiiiin…) bakal dilanjutin dengan FT3 dan berhadapan dengan petugas DKUPPU. Pasti ngga mudah, tapi yakin ngga akan terlalu sulit buatku asalkan aku terus belajar, belajar dan belajar!

Ganbatte!!

Pose wajib siswa awak kabin Garuda. Hahaha!

One thought on “Brace for Flight Training!

Leave a Reply

